Catatan Pinggir Jilid 5 PDF Penulis Goenawan Mohamad - Jasa Google Ads | Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com

Catatan Pinggir Jilid 5 PDF Penulis Goenawan Mohamad

Catatan Pinggir Jilid 5 PDF Penulis Goenawan Mohamad

Judul: Catatan Pinggir Jilid 5

Penulis: Goenawan Mohamad

Penerbit: Tempo, 2012

ISBN: 9789799065476

Bahasa: Indonesia

Jumlah laman: 699 page

Jenis File: PDF

Besar file: 3,69Mb

Review: Goodreads

Deskripsi:

Kumpulan tulisan Goenawan Mohamad di majalah Suara Independen, D&R, Tempo dan Tempo Interaktif, Desember 1994 - Juli 2001.

Pertanyaan tentang tubuh adalah keliru satu berdasarkan sekian poly primer yg diangkat Goenawan Mohamad dalam Catatan Pinggir jilid lima. Adalah seni Goenawan Mohamad bahwa dia sanggup membentuk pertanyaan seabstrak pertanyaan tentang relevansi tubuh sebagai rangsangan pemikiran kita. Dan dia memang tidak pernah menyediakan, atau memperlihatkan, apalagi mendesakkan sebuah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yg dimunculkannya. Ia akan meninggalkan kita bergulat dengan pertanyaan-per- tanyaan, bak anjing diberi tulang besar buat dikerjakan berhari-hari lamanya.

Itulah karakteristik spesial pemikiran Goenawan Mohamad yang karenanya memang sangat cocok dicetuskan pada bentuk aforisme, catatan pendek-pendek: Ia membikin memang terus menerus mengoreksi kita. Tetapi bukan dengan memberitahuakn bahwa kita keliru. Melainkan dengan menciptakan kita sebagai sadar bahwa cakrawala kita, wawasan kita nir memadai. Bahwa untuk mencari konduite terhadap apa yg kita hadapi dalam hayati, wawasan hitam-putih tidak relatif. Bahwa terdapat dimensi atau sudut pandang lain yg harus diperhatikan. Bahwa kesalahan kita bukan sebuah kekeliruan, melainkan kepicikan. Bahwa kita dibelenggu sang apriori-apriori yang mempersempit persepsi kita.

Hal apa pun yg disentuh Goenawan Mohamad menjadi masalah, sebagai dorongan yg membuat orang tersentak ad interim ketika, kemudian dia terpaksa berpikir: Betulkah? Logiskah? Benarkah? Orang merasa cakrawalanya meluas sebagai akibatnya segi-segi, unsur-unsur, rona-warna yang sebenarnya terdapat namun dulu tidak diperhatikan disadari. Dengan demikian, mampu saja kemapanan intelektual dan emosional kita tergoncang.

Baca Online

Dapatkan Info Produk Terbaru Kami

Masukan Alamat Email Kamu Disini

Gabung bersama media kami.