Etika dan Filsafat Komunikasi Penulis Muhamad Mufid PDF

shape image

Etika dan Filsafat Komunikasi Penulis Muhamad Mufid PDF

Etika dan Filsafat Komunikasi Penulis Muhamad Mufid PDF

Judul: Etika dan Filsafat Komunikasi

Penulis: Muhamad Mufid

Penerbit: Prenada Media, 2015

ISBN: 978-979-1486-72-9

Bahasa: Indonesia

Jumlah laman: 326 laman

Jenis File: PDF

Besar arsip: 1,56Mb

Karena titik beratnya adalah kajian etis, maka nama untuk kajian ini adalah etika dan filsafat komunikasi, dan bukan  filsafat dan etika komunikasi. Kata  filsafat  tetap dipakai dan ditempatkan pada urutan sesudah kata etika karena pada bagian-bagian awal dari kuliah ini  berisi sebuah pengantar umum yang sangat singkat tentang apa itu filsafat. Pengantar ini perlu diberikan selain agar para mahasiswa maupun pembaca pada umumnya bisa masuk ke dalam studi etika (komunikasi) yang merupakan salah satu cabang dari filsafat, juga untuk memberi landasan pengetahuan filsafat karena di banyak fakultas komunikasi tidak dijumpai mata kuliah pengantar filsafat.

Selain berupa pengantar, aspek filosofis juga hadir dalam pembahasan perihal metateori komunikasi, yaitu filsafat tentang teori komunikasi.

Pertama kajian ini membahas filsafat, baik dari segi teori maupun praksis, sebagai landasan untuk berpikir secara mendasar, metodis dan kritis, sekaligus sebagai pemicu agar mahasiswa bisa mengembangkan berbagai isu-isu mendasar dalam diskursus komunikasi pada umumnya, dan etika komunikasi pada khususnya.

Kedua, kajian ini membahas etika komunikasi. Seba- gaimana kita ketahui, terdapat sejumlah kajian lain yang terkait dengan etika dalam lingkup fakultas komunikasi, seperti etika penyiaran, etika humas dan etika marketing. Apa yang menjadikan kajian “Etika dan Filsafat Komunikasi” berbeda dengan kajian etika yang lain adalah ba- hasan etika dalam kajian ini lebih bersifat filosofis, yakni mengkaji etika dari sisi asal-muasalnya, sekaligus menggali nilai-nilai lain yang kemudian diterapkan sebagai bagian dari nilai etika. Kedua hal ini tidak kita jumpai dalam kajian etika lainnya.

Ketiga, kajian ini membahas aspek-aspek komunikasi selain secara mekanis juga secara filosofis. Ketika dikatakan komunikasi adalah berkaitan dengan pesan, maka kajian ini membahas pesan juga dari sisi filosofis, yakni apa yang dimaksud pesan, mengapa ada pesan dan bagaimana pesan itu timbul. Hal-hal filosofis tersebut lagi-lagi tidak kita jumpai di kajian lain. Begitu juga dengan aspek komunikasi lainnya, seperti teknologi komunikasi, manusia sebagai pelaku komunikasi, dan seterusnya.

Baca Online | Download PDF

© Copyright 2020 Google Ads | Jasa Whatsapp Blast

Form WhatsApp

Pesan anda akan segera kami proses.

Pesan Sekarang